Batman Begins - Help Select
Hai kawan-kawan semua! Selamat datang di blog kami yang sederhana ini. Terima Kasih atas kunjungan anda

Topologi Jaringan

Topologi jaringan adalah hal yang menjelaskan hubungan geometris  antara unsur-unsur dasar penyusunan jaringan yaitu node, link dan station atau juga disebut dengan cara penyusunan atau sebuah jaringan komputer.
Topologi jaringan dapat dibagi menjadi 6 bentuk penyusunan :
1. Topologi Mesh
bentuk hubungan antar komputer yang setiap perangkat terhubung secara langsung ke PC lainnya.

2. Topologi Star
bentuk topologi jaringan yang setiap komputernya terhubung langsung menggunakan konfigurasi point to point dengan pengendali pusat berupa hub.
3. Topologi Bus
merupakan topologi yang banyak digunakan pada masa penggunaan kabel sepaksi menjamur. Dengan menggunakan konektor T dengan hambatan 50ohm pada ujung jaringan. Cirinya menggunakan konfigurasi sambungan multipoint. Sebuah kabel utama bertindak sebagai tulang punggung (backbone) lalulintas data.
4. Topologi Ring
topologi yang berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sehingga membentuk melingkar mirip cincin.
5. Topologi Tree
merupakan kombinasi gabungan dari topologi bus dan star. terdiri dari kumpulan topologi bintang yang dihubungkan dalam sutu topolgi bus sebagai jalur tulang punggung (backbone).
6. Topologi Hybrid
penggabungan beberapa topologi. Satu kabel utama menghubungkan tiap titik sambungan pc yang dihubungkan dengan T connector dan ujungnya diakhiri dengan Terminator.

/*navigasi*/