Batman Begins - Help Select
Hai kawan-kawan semua! Selamat datang di blog kami yang sederhana ini. Terima Kasih atas kunjungan anda

Cara Backup dan Restore Registry Key

Dari sekian banyak tips registry yang saya bahas di blod ini, tak satupun saya pernah membahas tentang cara melakukan backup registry key Windows. Padahal hal ini sangatlah penting apabila Anda melakukan perubahan pada registry seperti, Memunculkan User Administrator di Windows XP, Menonaktifkan Taskbar Preview Windows 7 dan lain-lain. Jika perubahan yang Anda lakukan tidak tepat bisa saja merusak system Windows Anda. Dengan melakukan backup registry terlebih dahulu, apabila hal yang tidak Anda inginkan terjadi, maka Anda bisa dengan mudah mengembalikan atau me-restore perubahan pada registry yang telah Anda lakukan. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial cara backup registry serta me-restore backup tersebut apabila diperlukan.

Cara Mem-backup Registry Key

Melakukan backup sebuah key pada registry bisa dilakukan tanpa harus menggunakan atau menginstall software pihak ketiga. Dengan hanya menggunakan fitur dari Registry Editor Anda sudah bisa melakukan proses backup. Berikut langkah-langkah melakukan backup registry:
  1. Pertama buka Registry Editor dengan mengklik Start » Run. Anda juga bisa menggunakan tombol kombinasi keyboar Windows+R untuk membuka jendela Run. Ketik “regedit” (tanpa tanda kutip) pada input jendela Run dan tekan Enter.
  2. Di jendela Registry Editor pilih key yang akan Anda ubah value-nya dan tentunya akan Anda backup. Sebagai contoh, saya pernah memporting Cara Memperbesar Taskbar Thumbnail di Windows 7. Pada tutorial tersebut Anda harus menambahkan sebuah value pada key registry yang berada di path HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Taskband.Jadi sebelum melakukan perubahan atau menambahkan value baru Anda dianjurkan untuk melakukan backup terlebih dahulu yaitu pada key di path tadi. Klik kanan pada key Taskband tersebut kemudian pilih menu Export.

  3. Klik gambar untuk memperbesar
  4. Setelah jendela Export Registry File muncul, tentukan lokasi penyimpanan file backup dan berikan nama yang mudah Anda ingat. Klik tombol Save untuk menyimpannya.

  5. Klik gambar untuk memperbesar
Proses backup registry key sudah selesai sampai disini. Nama file hasil backup akan berkestensi .reg. Lakukan langkah-langkah yang sama untuk melakukan backup pada key-key yang lain.

Cara Merestor Backup Registry

Berikut cara me-restore backup registry yang telah Anda simpan tadi:
  1. Buka Windows Explorer atau My Computer dan cari file backup registry yang Anda simpan tadi. File ini mempunyai ekstensi .reg.
  2. Apabila sudah ketemu, klik dua kali atau double click file tersebut untuk melakukan restore. Anda juga mengklik kanan pada file tersebut dan pilih menu Merge.

  3. Klik gambar untuk memperbesar
  4. Selanjutnya akan muncul jendela konfirmasi. Klik tombol Yes pada jendela tersebut dan proses restore telah selesai.

  5. Klik gambar untuk memperbesar
Untuk memastikan key registry beserta valuenya telah kembali seperti semula, Anda bisa membukan Registry Editor dan menuju ke path key yang Anda restore.
Cukup mudah bukan cara backup registry key beserta cara me-restore file backup tersebut. Semoga bermanfaat bagi Anda.

/*navigasi*/